07 November 2013

BANJIR KOTA

BANJIR KOTA
by : TUKIMUN,ST.,MT

BANJIR adalah merupakan kondisi dimana air limpasan hujan tidak mampu dialirkan oleh suatu penampang basah drainase menuju pada tempat pembuangan akhir sehingga melimpas ke area-area yang bukan sebagai area fungsinya seperti (pemukiman, jalan dan tempat-tempat publik lainnya). 

Pada bulan ini seperti pada lagunya Gun'N Roses (November Rain) merupakan bulan yang identik dengan dimulainya bulan curah hujan yang cukup tinggi sehingga menimbulkan banjir akibat curah hujan yang tinggi tersebut. Adapun penyebab banjir tersebut diakubatkan oleh beberapa hal antara lain:
1. Pengaruh Topografi



Pengaruh topografi maksudnya adalah kondisi wilayah banjir tersebut mempunyai kondisi pada dataran rendah yang notabene menjadi daerah yang secara fisik merupakan daerah langganan banjir mengingat hukumnya aliran fluida akan mengalir pada daerah yang lebih rendah akibat adanya gaya mekanik (energi potensial + energi kinetik).
Tentunya kondisi seperti ini dapat diatasi dengan perencanaan-perencanaan pemukiman yang lebih kompleks seperti dengan pembuatan folder untuk menampung air limpasan dikumpulkan pada suatu tempat yang lebih rendah dan memompanya ke saluran pembuangan. Namun tentunya cara ini diperlukan cost yang cukup tinggi. Untuk menghindari kondisi ini maka ada langkah-langkah kongkrit yang harus dilakukan antara lain:

  • Pemerintah harus tegas mementukan aturan  terhadap wilayah-wilayah dataran rendah sebagai area peresapan sehingga tidak boleh digunakan sebagai wilayah pemukiman.
  • Membebaskan wilayah DAS sebagai jalur hijau.
  • Menggunakan type pemukiman diatas air dengan sistem bangunan tiang sehingga daerah resapan tetap berfungsi dengan baik. Namun kondisi ini biasanya pengaruhnya terhadap kesadaran dan human itu sendiri.



2. Pengaruh Human dan Budaya
 Faktor manusia adalah penyumbang penyebab banjir tertinggi yang harus diwaspadai. Artinya faktor manusia itu sendiri yang menyebabkan terjadinya banjir yang dialami. Pada dasarnya manusia adalah makluk yang paling sudah diatur karena masing-masing individu memiliki pemikiran yang berbeda-beda tergantung dari kulturnya.  Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri antara lain:

  • Tidak adanya kesadaran dalam membuang sampah yang baik.
  • Tidak pedulinya manusia merawat infrastruktur drainase yang disiapkan bahkan cenderung merusak fungsi dari insfratruktur itu sendiri.
  • Penebangan Liar dan pengrusakan hutan sebagai penahan air tanah.
  • Adanya budaya turun-temurun menjadikan DAS sebagai wilayah pemukiman sehingga DAS tersebut beralih fungsi menjadi pemukiman yang dapat mengganggu aliran air.
3. Pengaruh Alam / Cuaca
Alam dibuat Tuhan untuk dianugrahkan kepada umatnya agar dipeliharan dan dimanfaatkan. Tentunya pemanfaatan yang tidak berimbang dan disertai nafsu serakah akan berakibat pada manusia itu sendiri beserta makhluk di dalamnya akan terkena imbasnya. Seperti Firman Allah, SWT : "Telah nampak kerusakan-kerusakan di alam ini akibat ulah Manusia itu sendiri". Padahal Tuhan sebenarnya sangat sayang pada umatnya dengan memberikan fasilitas yang ada. Namun Manusia itu sendiri yang merusaknya.  Seperti pada point 2 diatas akibatnya:
  • Curah hujan meningkat 
  • Air limpasan tidak mampu diserap oleh tanah yang gundul akibatnya timbul air bah (banjir).
  • munculnya hujan badai disetai angin kencang.
  • Tanah Longsor, dll
4. Pengaruh Hukum dan Birokrasi
Hukum dan Birokrasi termasuk salah satu faktor penyebab terjadinya banjir kota yang akhir-akhir ini sering dialami oleh masyarakat perkotaan. Kesalahan kebijakan dan birokrasi tersebut salah satunya adalah:
  • Tidak menjalankan kebijakan RTRK yang dibuat.
  • Adanya kepentingan pihak tertentu yang memiliki kekuasaan birokrasi
  • Ketidak becusan aparat dalam pengendalian kebijakan
  • Tidak adanya Good Goverment
  • Tidak adanya perilaku Tut wuri Handayani dan pendidikan kepada masyarakat
  • Tidak ada kesinambungan program antar pimpinan, jika pimpinan yang sudah purna tugas ada program yang baik tidak diteruskan dan cenderung buat program baru yang menyebabkan program yang belum tuntas tidak dapat dilanjutkan.
Jika kita konsisten antara faktor-faktor tersebut diatas mampu disinergikan, maka niscaya banjir tersebut dapat diatasi. Semoga......!!!!



Tidak ada komentar:

Penelitian dan Buku Tukimun

 https://www.researchgate.net/profile/Tukimun-Tukimun/research