07 November 2013

RUMUS MENGHINDARI STRESS

Terkadang kita stress akibat menghadapi tekanan-tekanan baik tekanan pekerjaan, tekanan finansial, tekanan keluarga, tekanan hutang dan tekanan-tekanan lain yang selalu mendera kita. Tekanan tersebut biasanya diluar kendali kita sebagai manusia biasa dengan segala keterbatasan yang ada. Semua orang pasti pernah merasakan stress. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya tekanan berlebih tersebut adalah:
  • Gangguan Mental / Gila / Gendeng
  • Stroke / mati sparo
  • Jantung
  • Maag
  • Kolesterol
  • Komplikasi penyakit, dll
Dengan ketidak mampuan kita menghadapi tekanan-tekanan kehidupan yang ada tersebut patutlah saya memberikan tips berdasarkan Rumus Fisika yang pernah kita pelajari waktu kita sekolah atau kuliah dulu. Sebenarnya semua kejadian-kejadian alam yang terjadi dapat dihayati dan direnungkan untuk menjadikan kita pedoman dalam menghadapi kehidupan kita.

Rumus Tekanan:

P = F/A
dimana :
P = Tekanan (N/m2)
F = Gaya (N)
A = Luas Penampang (m2)

Dari rumus diatas dapat kita renungkan dan kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu:
  • ( P ) tekanan adalah merupakan faktor yang dapat menyebabkan kita stress sehigga ketika kita stress maka fungsi dari organ tubuh kita menjadi terganggu. Dan strees tersebut berbanding lurus dengan Gaya yang kita terima. artinya ketika kita tidak mau stress tentunya dalam hidup kita harus terapkan ilmu kesederhanaan. Arti sederhana adalah sesuai batas kemampuan dan jangan banyak GAYA. Karena orang yang banyak gaya tentunya akan memberikan Tekanan Hidup yang lebih besar. Ya kita hadapi hidup ini dengan apa adanya. Jangan Bergaya hidup mewah. Slow man....!!!! Sedang-sedang saja. Jangan juga Sok Miskin.... kasihan.
  • F (Gaya) adalah merupakan faktor peningkatan tekanan. Semakin Kita banyak GAYA maka tekanan yang kita alami juga semakin besar.
  • A (Luas Penampang) artinya ketika Kita semakin banyak Gaya tentunya kita harus pula imbangi dengan Luas Penampang Hati kita harus diperluas yang artinya kita harus selalu berserah diri kepada Tuhan YME, Sabar dan Tawakal. Ketika kita hati kita tidak mampu menahan Gaya yang bekerja dalam kehidupan kita maka yang terjadi adalah kita akan Stress dan menyebabkan penyakit muncul dan berdampak pada keruntuhan (Kematian).
Untuk itu mari kita sinergikan antara ketiga komponen diatas agar kita mendapatkan ketenangan dalam menjalankan kehidupan ini. intinya jangan banyak BERGAYA jika kita tidak mempunyai PENAMPANG HATI yang cukup luas untuk meredam / menahan gaya kehidupan kita.

by : TUKIMUN,ST.,MT

Tidak ada komentar:

Penelitian dan Buku Tukimun

 https://www.researchgate.net/profile/Tukimun-Tukimun/research